Update WordPress 4.6. Apa Yang Baru?

Ava line art

Yap, wordpress telah meluncurkan versi 4.6 pada bulan Agustus ini. Mungkin dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia, atau mungkin juga tidak. Kemungkinan besar yang kedua sih, hehe. Lalu, apa saja yang baru dari update wordpress 4.6 ini? Yuk kita lihat bersama bro!

Sebelum membahas apa yang baru, mari kita lihat dulu nama wordpress 4.6 ini. Nama WordPress edisi terbaru ini adalah “Pepper” yang dimaksudkan untuk menghormati salah satu saxoponis jazz terkenal, Park Frederick “Pepper” Adams III. Dan fitur besar yang diusung oleh WordPress 4.6 adalah untuk membiarkan kita tetap fokus pada apa yang kita kerjakan sekaligus merasa nyaman (feel like home) saat mengoperasikan WordPress.

Mengapa? Mari kita jawab satu-satu.

WordPress versi 4.6 memungkinkan kita untuk melakukan rutinitas yang menyebalkan tanpa harus berpindah halaman. Rutinitas apa? Update! Ya, update. Kita pasti malas sekali kalau setiap kali update harus berpindah halaman, klik sana-sini, lalu pindah halaman lagi. Kelamaan! Dan kadang, gara-gara sibuk update, kita jadi lupa untuk melakukan task yang sudah kita rencanakan saat membuka wp-admin kita tadi. Untungnya, sekarang wordpress versi 4.6 sudah mencoba untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Di versi terbaru wordpress ini, kita bisa langsung melakukan update tanpa harus berpindah halaman. Dalam satu halaman, kita bisa langsung update plug-in dan theme blog kita sekaligus. Menyenangkan bukan? Artinya kita tidak akan kehilangan fokus saat mengoperasikan wordpress. which is awesome.

Fitur besar kedua yang diusung di wordpress versi terbaru ini adalah pada halaman admin di wordpress sudah terkonek langsung dengan jenis font yang ada di komputer kita. Akibatnya apa? Load jadi lebih cepat. Jadi, mengoperasikan wordpress akan serasa mengoperasikan komputer atau handphone sendiri. Enak bukan?

Selain dua keuntungan itu ada lagi nggak yang lain? Tentu saja ada.

Di versi 4.6 ini, wordpress juga memberikan pengalaman tambahan di bagian editor. Itu loh, di bagian postingan. Saat kita posting, kita pasti senang menginsertkan link ke situs atau halaman lain bukan? Kalau sampai kamu nggak suka, berarti cara ngeblogmu unik bro. Nah, saat kita insert link, selalu ada kemungkinan kita bisa salah paste atau salah ketik link. Nah, saat terjadi broken link, wordpress akan membantu kita untuk mengetahui. Ahh, untuk orang yang sering typo seperti saya, fitur ini sangat membantu. I love wordpress!

Selain itu, ada juga fitur yang lain.

Pernah nggak kamu waktu ngetik di post, saking semangatnya, langsung klik update, atau post, tanpa ngecek koneksi internet kamu? Terus ternyata sedang ada masalah di koneksi. Terus saat kamu back, deg! Ternyata tulisanmu tadi hilang!

Pasti males banget kan?

Pasti rasanya jadi galau dan butuh pelukan hangat Julie Estelle kan?

Nah, salah satu fitur baru di wordpress 4.6 ini adalah… eng ing eng (berasa jadi akun triomacan)

WordPress akan langsung menyimpan tulisan kita di cache browser, sesaat setelah kita mengetik kata demi kata. Artinya, ketika ternyata koneksi kita bermasalah, lalu kita kembali ke halaman editor, kita bisa mengaktifkan (meload ulang) tulisan yang tadi kita simpan. Kemungkinan kehilangan tulisan menjadi semakin kecil!

Karena kehilangan tulisan rasanya lebih sakit dibanding kehilangan ciuman pacar.

Selain update-update besar, ada juga beberapa penambahan kecil di wordpress, terutama di bagian codingnya. Pengubahan-pengubahan itu, bisa kamu lihat lebih detail di halaman about saat kamu update wordpress kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Kok masih belum update wordpress versi 4.6? Rugi bro!

Facebook Comments

About the Author

Sastranesia

1 Comment

  1. […] iya, udah nyobain mie terbang yang ada di Yogyakarta? Atau udah update wordpress versi 4.6 di blogmu? Kalau belum rugi sih. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *